Rangkuman Materi IPA SD, Manfaat Hewan dan Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan

 Manfaat Hewan dan Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan Rangkuman Materi IPA SD, Manfaat Hewan dan Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan

A. Manfaat Hewan bagi Manusia

Beberapa manfaat hewan bagi manusia, antara lain:

1. Penghasil Bahan Pangan (Makanan)

Hewan dapat menghasilkan bahan pangan seperti daging (ayam, sapi, ikan, dan kambing), telur (ayam, bebek, dan burung puyuh), dan susu (sapi dan kambing). Daging sapi digunakan untuk membuat kornet atau sosis. Susu sapi dan kambing dapat diolah menjadi keju dan yoghurt.

2. Penghasil Bahan Sandang

Hewan dapat menghasilkan bahan sandang seperti sutra, wol, dan kulit. Kain sutra berasal dari serat kepompong ulat sutra, wol berasal dari bulu domba, dan kulit berasal dari kulit sapi, buaya, dan kerbau yang dijadikan dompet, tas, dan jaket.

3. Penghasil Obat-Obatan

Obat-obatan yang dihasilkan oleh hewan seperti madu lebah untuk kesehatan dan perawatan kulit, daging trenggiling untuk penyakit kulit, dan minyak ikan untuk kesehatan mata.

4. Penghasil Tenaga

Hewan dapat menghasilkan tenaga yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, seperti kuda untuk menarik delman. kerbau untuk membajak sawah, dan sapi untuk menarik pedati.

5. Percobaan/Penelitian

Hewan yang digunakan untuk percobaan dan penelitian, yaitu kelinci, tikus, domba, nyamuk, dan marmut.

6. Penghasil Bahan Kerajinan

Hewan dapat menghasilkan bahan kerajinan seperti wayang dari kulit sapi dan kokdari bulu angsa.

B. Manfaat Hewan bagi Lingkungan

Beberapa manfaat hewan bagi lingkungan, antara lain:

1. Menjaga Keseimbangan Lingkungan

Dalam satu ekosistem akan terjadi proses keseimbangan, hewan satu pemakan hewan lain seperti berkembangnya katak akan menghambat perkembangan nyamuk, berkembangnya tikus sawah akan terhambat jika populasi ular terjaga.

2. Menjaga Kesuburan Tanah

Hewan yang berperan dalam menjaga kesuburan tanah seperti cacing dan jangkrik.
Cacing danjangkrik selalu membuat lubang atau sarang di tanah, sehingga oksigen akan mudah masuk ke dalam tanah. Akibatnya tanah semakin gembur dan menguntungkan bagi tumbuhan.

3. Penghasil Pupuk Organik

Pupuk organik berasal dari kotoran hewan (pupuk kandang). Hewan yang berperan menghasilkan pupuk organik untuk menyuburkan tanah, antara lain kambing, sapi, dan kerbau.

C. Manfaat Tumbuhan bagi Manusia

Beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia, antara lain:

1. Bahan Makanan

Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan makanan, yaitu batang (sagu), daun (bayam, sawi, kangkung), buah (mangga, pisang, pepaya, jeruk), biji (padi, gandum), bunga (kol), dan akar (ubi jalar).

2. Bahan Sandang

Tumbuhan yang digunakan sebagai bahan sandang, yaitu kapas untuk kain katun.

3. Bahan Bangunan

Tumbuhan yang digunakan sebagai bahan bangunan. antara lain jati, kelapa, dan meranti untuk bahan atap rumah, kusen. pintu. dan tiang penyangga.

4. Bahan Industri

Tumbuhan yang digunakan untuk industri, antara lain buah kelapa (minyak goreng), bahan pencampur cat/terpentin (getah pinus), dan bahan pembuatan karet ban (getah karet).

5. Bahan Obat

Tanaman yang digunakan sebagai bahan obat, antara lain ginseng (memperkuat stamina), daun sirsak (obat kanker), jahe (obat batuk), brotowali (obat darah tinggi dan diabetes), kulit batang kina (obat malaria), daun sirih (obat sariawan), daun jambu biji (obat diare), daun kumis kucing (obat batu ginjal), buah jambu biji merah (obat demam berdarah), kunyit (obat sakit lambung), dan alang-alang (obat panas dalam).

6. Bahan Bakar

Tanaman yang digunakan untuk bahan bakar, yaitu tanaman jarak.

7. Penghasil Minyak Asiri

Tumbuhan penghasil minyak asiri, yaitu serai dan kayu putih.

8. Bahan Pewarna

Tanaman yang digunakan sebagai bahan pewarna, antara lain kunyit (pewarna kuning), cabai merah (pewarna merah), daun suji/pandan (pewarna hijau), wortel (pewarna oranye), gula kelapa (merah kecokelatan), dan kubis ungu (ungu).

D. Manfaat Tumbuhan bagi Lingkungan

1. Penghasil Oksigen

Pada siang hari tumbuhan melakukan proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari menghasiikan karbohidrat dan gas oksigen. Gas oksigen dibutuhkan oleh manusia dan hewan.

2. Penyerap Karbon Dioksida

Tumbuhan menyerap karbon dioksida yang digunakan untuk proses fotosintesis, sehingga mengurangi pencemaran udara.

3. Pencegah Erosi dan Banjir

Akar tumbuhan membantu tanah dalam menyerap dan menyimpan air, sehingga apabila tidak ada tumbuhan, tidak ada yang menahan tanah dan air. Oleh karena itu, dapat menyebabkan erosi dan banjir.

4. Habitat Hewan

Tumbuhan sering digunakan sebagai tempat tinggal burung dan semut.

Demikianlah Rangkuman Materi IPA SD, Manfaat Hewan dan Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan, semoga benar-benar bisa bermanfaat.
Sumber https://administrasingajar.blogspot.com/

0 Response to "Rangkuman Materi IPA SD, Manfaat Hewan dan Tumbuhan Bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel