Prediksi Soal USBN Administrasi Perkantoran Tahun 2020


Prediksi Soal USBN Administrasi Perkantoran Tahun  Prediksi Soal USBN Administrasi Perkantoran Tahun 2020
1.    Pekerjaan kantor yang banyak dilakukan adalah typing, pernyataan berikut dikemukan oleh...
a.         G.R Terry                    d. J.C Denyer
b.         Henry Fayol                e. Milis
c.         Atmosudirjo 

2.    Penghematan yang diperoleh dari penggunaan perlengkapan atau mesin-mesin kantor dipengaruhi oleh luasnya kesatuan yang dapat digunakan untuk bermacam-macam jenis pekerjaan dalam kantor, hal ini terkait erat dengan ..
a.         harga dan penanaman modal  d. nilai keindahan
b.         fleksibilitas penggunaannya                e. kualitas mesin
c.         kualitas pekerjaan.

3.      Benda yang digunakan dalam rangka menunjang operasional karyawan seperti kendaraan bermotor, laptop, dan handphone, merupakan contoh dari…
a.         Peralatan          c. sarana                      e. prasarana
b.        Fasilitas           d. Organisasi

4.      Dokumen yang berisi informasi tentang perkembangan perekonomian suatu bangsa dan negara serta berhubungan dengan kebutuhan dan kemakmuran manusia disebut....
a.    Dokumen sejarah                     d. Dokumen Kedokteran
b.    Dokumen ekonomi                  e. Dokumen Primer
c.    Dokumen Pribadi

5.      Di bawah ini merupakan hal-hal yang diperhatikan dalam penulisan tanggal,kecuali....
a.    Bulan tidak boleh ditulis dengan angka, contohnya 20-10-2005
b.    Tanggal/bulantidak boleh ditulis dengan angka-angka romawi, contohnya, X-VIII-2005
c.    Tanggal tidak boleh ditulis dengan cara ditumpuk, contohnya 20/10-2005
d.   Tahun surat tidak boleh disingkat, contohnya, 10 Agustus 05
e.    Tanggal boleh ditulis dengan cara ditumpuk, contohnya 25/november 2010

6.      Gambar di bawah ini adalah mesin yang dipakai untuk...
a.    Menjilid dokumen
b.    Menggandakan dokumen dalam jumlah banyak
c.    Melapisi dokumen dengan plastik (laminating)
d.   Menghitung uang
e.    Mencetak data dan informasi yang sudah diolah oleh komputer

7.      Ketika menangani surat yang dikirim melalui e-mail, maka untuk melihat surat masuk adalah dengan….
a.   Masuk ke situs layanan e-mail - membuka e-mail – klik Attachment
b.   Masuk ke situs layanan e-mail - membuka e-mail – klik Draft
c.   Masuk ke situs layanan e-mail - membuka e-mail – klik Inbox
d.   masuk ke situs layanan e-mail - membuka e-mail – klik Sent
         e. Masuk ke situs layanan e-mail - membuka e-mail – klik Trash

8.      Membuat duplikasi arsip sebagai bahan rujukan merupakan suatu cara dalam...
a.    Penyusutan arsip                     d. Pemusnahan arsip
b.    Retensi arsip                           e. Pemanfaatan arsip
c.    Pemeliharaan arsip

9.      Untuk perusahaan yang bergerak dalam jasa titipan kilat, sistem penyimpanan yang paling tepat untuk jenis usaha ini adalah sistem...
a.    Abjad              d. Tanggal
b.    Nomor             e. Perihal
c.    Wilayah

10.  Komunikasi yang menggunakan kata-kata lisan dan tertulis disebut...
a.     Komunikasi non verbal           d. Komunikasi kantor
b.    Komunikasi massa                  e. Komunikasi elektronik
c.     Komunikasi verbal

11.  Komplemen, aksentuasi, kontradiksi, subsitusi,dan repetisi adalah fungsi pesan non verbal dari teori yang dimiliki oleh...                               
a.     Dale leather                 d. G. Mayor
b.    Herold Lashwell         e. Smith Ryan
c.     Mark Knapp

12.  Pesawat telepon yang dipasang atau diletakan diatas meja disebut...
a.         Wall phone
b.         Table phone
c.         Loud speaking telephone
d.         Single line telephone
e.         Multi line telephone

13.  Berbicara yang aktif dan efektif harus menerapkan prinsip motivasi dan ...
a.     Perhatian                     d. Keperluan
b.    Kesadaran                   e. Kepedulian
c.     Kecerdasan 

14.  Etika bertelpon bisnis adalah...
a.         Jangan membiarkan penelpon menunggu lama
b.         Jangan menggunakan telpon untuk kepentingan pribadi
c.         Manfaat fitur-fitur seperti automatic call
d.        Gunakan handsfree kit
e.         Meletakan gagang telepon terlebih dahulu

15.  “mohon maaf, saya sedang diluar kantor, mohon meninggalkan pesan.” Adalah salah satu pesan yang di tinggalkan pada telepon dalam fasilitas...
a.     Telepon tetap
b.    Voice mail
c.     Handphone
d.    Telepon satelit
e.     3 G

16.  Hal yang pertama kali Anda ucapkan pada saat menerima telepon adalah...
a.     Halo, di sini PT Mutiara          d. Halo, selamat siang
b.    Halo, dengan kavina disini     e. Selamat siang, dengan PT Mutiara
c.     Selamat siang, halo

17.  Kegiatan teleconfrence merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan...
a.       Radio             
b.      Telegraf                      
c.       Internet
d.      Surat kabar
e.       Majalah

18.  Jika anda ingin mendapatkan identitas, maksud, dan tujuan penelpon ucapan yang disampaikan adalah...
a.       Boleh saya tahu apa pesan Bapak/Ibu? Nanti saya sampaikan
b.      Boleh saya membantu menyampaikan pesan bapak/ibu untuk beli
c.       Ada pesan, pak/bu? Nanti saya sampaikand.      Anda siapa? Boleh saya tahu apa pesan nya ? nanti saya sampaikan
e.      
Bapak/ibu alamat dari pesan, nanti saya sampaikan


19.  Pelayanan yang menempatkan pelanggan merasa dipentingkan merupakan pengertian dari…
a.    Customer service
b.    Pelayanan prima
c.    Harapan pelanggan
d.   Pelayanan purna jual
e.    Pentingnya pelayanan

20.  Menimbulkan kepercayaan dan kepuasaan kepeda pelanggan merupakan bagian dari…
a.         Tujuan pelayanan prima
b.         Harapan pelanggan
c.         Fungsi pelayanan
d.        Pentingnya pelayanan
e.         Kemampuan pelayanan

21.  Perpaduan rias wajah yang dipilh sesuai dengan warna dan model busana yang dipakai disebut…
a.         Penampilan
b.        Berhias serasi
c.         Penampilan
d.        Penampilan serasi
e.    Penampilan bersih

22.  Penampilan diri seseorang yang terjaga dan selalu rapi merupakan pengertian…
a.        Grooming
b.        Tata krama
c.         Aksesoris
d.        Make up
e.         Kepribadian

23.  Dalam hubungan dengan orang lain hendaknya diupayakan untuk menjaga…
a.         Keindahan tubuh
b.        Kecantikan wajah
c.         Aksesoris yang dipakai
d.        Model atau warna rambut
e.         Kebersihan badan, pakaian, mulut, dan tenggorokan

24.  Manfaat kerja sama tim bagi organisasi adalah…
a.         Meningkatnya kesempatan untuk mempunyai keahlian baru
b.        Pekerjaan lebih berveriasi
c.         Meningkatnya produktivitas tim kerja
d.        Tanggapan yang lebih cepat
e.         Peningkatan mutu

25.  Surat ijin tinggal di suatu negara untuk suau periode tertentu dan termasuk dokumen eksternal perjalan bisnis adalah...
a.    Surat tugas        
b.    Visa                  
c.    Surat perintah
d.   Surat perintah perjalanan dinas
e.    Denah

26.  Dokumen yang setara dengan paspor, digunakan untuk para pengungsi disebut...
a.    Special paspor                        
b.    Certificate of identity   
c.    Transit visa     
d.   Immigrant visa
e.    Seaman book

27.   Seluruh warga masyarakat berkewajiban untuk berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Berikut ini yang tidak termasuk  peran warga masyarakat adalah ...
a.         Selalu membersihkan lingkungan rumah dan sekitarnya
b.        Menggunakan listrik dan air secukupnya
c.         Memelihara hewan yang dilindungi
d.        Membersihkan parit, selokan dan sungai
e.         Menanam tanaman disekitar rumah dan lingkungannya
 
28.  Peserta rapat yang banyak memberikan ide-ide untuk penyelesaian atas masalah yang sedang dihadapi, berarti peserta rapat tersebut berfungsi sebagai....
a.         Penerima hasil keputusan        d. Penyumbang dana 
b.         Penyumbang data                    e. Penyumbang pendapat
c.         Perumus kesimpulan 

29.  Rapat yang selalu diadakan rutin, bisa perminggu, per bulan, per semester ataupun per tahun disebut...
a.         Rapat rutin                              d. Rapat formal 
b.        Rapat Insidental                      e. Rapat terutup
c.         Rapat ocasional

30.  1. 08.00-08.30       Registrasi
2. 8.30-09.00   Pembukaan
3. 09.00-09.30 Pengarahan pimpinan rapat
4. 09.30-09.45             Dst.
Daftar di atas merupakan contoh dari...
a.         Susunan acara
b.        Undangan   
c.         Agenda rapat
d.        Akomodasi
e.         Transportasi

31.  Setelah kita membuka file, kemudian kita ingin mematikan komputer maka kita sebaiknya....
a.    Menekan tombol power
b.    Melepas kabel power dari stop kontak
c.    Menutup file dulu lalu klik start and shut down
d.    Mematikan komputer
e.    mengklik start and shut down

32.  untuk membuat naskah dengan jumlah kolom 4 maka ita bisa mengatur pada pilihan
a.     number of column
b.     preset
c.     line between
d.     spacing
e.     apply to

33.  paket prgram dari microsoft office yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan pembuatan surat masal adalah....
a.     MS. Excel
b.     MS.  Word
c.     Ms. Aces
d.     MS. Power point
e.     MS. Outlook

34.  Program aplikasi pengolah angka mempunyai istiah lain yaitu....
a.     Grafic
b.     Database
c.     Word processor
d.     Spread sheet
e.     Document processor

35.  Untuk memformat perataan data pada suatu sel, dapat digunakan perintah ..
a.    Format-Cell-Font
b.    Format-Cell-Number
c.    Format-Cell; aligment
d.    Format-Cell- border
e.    Format-Cell- page set up

36.  Pada kuitansi, pengisian untuk kolom Telah Terima Dari, di isi dengan…
a.    Nama orang/perusahaan yang menjual barang
b.    Nama orang/perusahaan yang menggunakan uang
c.    Nama orang/perusahaan yang menyerahkan uang
d.   Nama orang/perusahaan yang bertanggung jawab
e.    Nama orang/perusahaan yang menerima uang

37.  Saldo awal bulan November Rp 1.000.000. selama satu bulan terjadi pengeluaran sebesar Rp 700.000. Pembukuan kas kecil menggunakan sistem dana tetap. Pengisian saldo kas kecil bulan berikutnya adalah…
a.       Rp 1.000.000             c. Rp 300.000              e. Rp 500.000
b.      Rp 700.000                d. Rp 1.700.000

38.  Keuntungan sistem imprest dalam mengelola kas kecil adalah…
a.     Saldo kas kecil dapat diketahui setiap hari
b.     Menghemat waktu dalam pembukuan
c.     Putugas administrasi kantor atau sekretaris dapat meminta dana kembali
d.     Uang yang ada di kas tidak dapat diketahui setiap waktu
e.     Petugas administrasi kantor atau sekretaris dapat mengisi kas setiap waktu

39.  Berikut ini data pengeluaran dana kas kecil.
      Biaya iklan                  Rp50.000,00
      Biaya lembur tenaga   Rp100.000,00
Apabila menggunakan sistem dana tetap, maka jurnal pengeluaran tersebut adalah .....
a.       Biaya iklan                        Rp   50.000,00
Biaya lembur tenaga         Rp 100.000,00
      Kas kecil                                 Rp 150.000,00
b.      Biaya iklan                        Rp   50.000,00
Biaya lembur tenaga         Rp 100.000,00
      Kas                              Rp 150.000,00
c.       Biaya-biaya                       Rp 150.000,00
Kas kecil                                 Rp 150.000,00
d.      Biaya-biaya                       Rp 150.000,00
Kas                              Rp 150.000,00
e.       Tidak dijurnal

40.  Alat yang di gunakan untuk mendokumentasikan bukti-bukti transaksi kas kecil, antara lain…
a.         Filing  cabinet      c. Cardex                     e. Hanging map
b.         Stopmap               d. Ordner

Demikianlah Prediksi Soal USBN Administrasi Perkantoran Tahun 2020 semoga dapat bermanfaat dan sukses
Sumber https://administrasingajar.blogspot.com/

0 Response to "Prediksi Soal USBN Administrasi Perkantoran Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel